Kamis, 23 April 2015

KONFRENSI ASIA-AFRIKA

         Jelang Tutup KAA, Jokowi Sahkan 3 Dokumen


By Ilyas Istianur Praditya on 23 Apr 2015 at 18:20 WIB
Share
Comment (0)







Presiden Joko Widodo dan para delegasi negara-negara di Asia Afrika berfoto bersama usai melakukan pembukaan Konferensi Parlemen Asia Afrika di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (23/4/2015). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengesahkan hasil Konferensi Asia-Afrika (KAA), yang telah melalui sidang 2 hari ini di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. KAA ke-60 tersebut menghasilkan 3 dokumen, pertama Pesan Bandung.

"Pesan Bandung ini berisi penguatan kerja sama selatan-selatan, untuk mendukung perdamaian dan kemakmuran dunia," kata Jokowi di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (23/4/‎2015).

Dokumen kedua yang disahkan Jokowi adalah deklarasi penyegaran kemitraan strategis baru negara Asia-Afrika. Sedangkan dokumen ketiga adalah deklarasi Palestina.

Jokowi menjelaskan, 3 dokumen tersebut bentuk refleksi dari Dasasila Bandung--hasil KAA pertama 1955. "‎Dengan persetujuan yang mulia, 3 dokumen ini akan disahkan sebagai hasil Konferensi Asia-Afrika 2015. Akhirnya, 3 dokumen ini secara resmi saya sahkan," kata Jokowi dilanjutkan dengan mengetuk palu.

Jokowi juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh kepala negara dan delegasi yang telah menghadiri KAA ke-60 di Indonesia.

Ia menilai, sidang yang diselenggarakan 2 hari ini penuh antusias dan kehangatan serta rasa persaudaraan dari para peserta KAA ke-60. "Suara yang disuarakan ini adalah suara kebangkitan bangsa Asia-Afrika. Sekali lagi suara-suara kebangkitan bangsa-bangsa Asia-Afrika," tegas Jokowi.

KAA ke-60 ini dilaksanakan di 2 kota, yaitu Jakarta pada 19-23 April dan Bandung pada 24 April. Agenda KAA meliputi 'Asia-Afrika Bussiness Summit' dan 'Asia-Africa Carnival'. Tema KAA kali ini adalah peningkatan kerja sama negara-negara di kawasan selatan, kesejahteraan, serta perdamaian. (Rmn/Yus).

Sumber : http://news.liputan6.com/read/2219321/jelang-tutup-kaa-jokowi-sahkan-3-dokumen#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar